Percabangan pada Pascal


Dalam bahasa pemograman, menggunakan percabangan adalah hal yang sangat berguna baik hanya untuk latihan maupun untuk tingkat yang lebih lanjut. Percabangan pada pascal memiliki dua struktur kondisional, yaitu if dan case.

Percabangan adalah fungsi yang dapat mengatur program, apabila kondisi terpenuhi atau bernilai true, maka statement dalam fungsi percabangan tersebut akan dilakukan. Begitu pula sebaliknya. Jadi, struktur dari percabangan adalah fungsi yang menggunakan operator Boolean, true dan false.

Berdasarkan strukturnya, penggunaan if dan case berbeda.
1.    Penggunaan If

A.    “If … then …”
Struktur penggunaan “If … then …” adalah :

Dengan <kondisi> adalah suatu Boolean. Ketika <kondisi> bernilai True, maka satu perintah setelah “then” akan dijalankan. Apabila <kondisi> bernilai False, maka satu perintah setelah “then” akan dilewati. Saat ada lebih dari satu statement setelah penulisan “then” maka percabangan hanya berlaku pada statement yang pertama. Sedangkan untuk statement kedua atau selanjutnya akan tetap dijalankan meskipun <kondisi> bernilai False.

Struktur penggunaan “If … then …” yang disarankan adalah :

Jadi ketika nilai dari <kondisi> bernilai True, maka seluruh statement yang ada di blok “begin” hingga “end” akan dilaksanakan. Namun apabila <kondisi> bernilai False, perintah yang berada di blok “begin” hingga “end” akan dilewati. Contoh :

Lalu apa kelebihannya? Dengan penulisan struktur if yang menggunakan blok begin-end setelah penulisan “then” akan membuat program yang kita tulis terlihat lebih rapi, meskipun hanya mengandung satu statement. Membiasakan menulis percabangan menggunakan begin-end akan mempermudah kita apabila ingin mengubah bahkan menambah statement yang kita inginkan. 

Untuk penulisan program di blog ini akan selalu menggunakan blok begin-end di percabangan dan juga perulangan.

B.    “If … then … else …”
Struktur penggunaan “If … then … else …” adalah :

Dari strukturnya, dapat dilihat bagaimana percabangan ini bekerja. Apabila <kondisi> di baris pertama terpenuhi, maka statement akan dijalankan. Namun, apabila kondisi di baris pertama tidak terpenuhi maka statement yang akan dijalankan adalah yang berada di blok setelah “else”. Contoh :

C.    “If … then … else if …”

Struktur penggunaan “If … then … else if …” adalah :

Percabangan ini dapat digunakan apabila kita memiliki kondisi yang bervariasi atau banyak. Apabila <kondisi1> False maka percabangan berlanjut dan memeriksa apakah <kondisi2> bernilai True atau False. Apabila <kondisi1> sudah bernilai True, maka statement di blok nya akan dijalankan dan percabangan berhenti dan tidak memeriksa kondisi-kondisi selanjutnya. Contoh :

Untuk penggunaan percabangan If, semua tergantung kebutuhan dan kreativitas kita. Bagaimana kita menyusunnya sehingga menjadi program yang rampung. Kita juga bisa menggunakan If di dalam If. Pemahaman kita terhadap pascal sangat dibutuhkan untuk percabangan terutama bagian If.

2.    Penggunaan Case
Struktur penggunaan case adalah :

Cara kerja Case adalah apabila <ekspresi> memiliki nilai yang sama dengan <nilai1> maka akan dijalankan <statement1>, begitu seterusnya. <ekspresi> di dalam case dapat merupakan sebuah variabel, jadi ketika nilai dari suatu variabel sama dengan nilai yang ada didalam case, maka perintahnya akan dijalankan. Contoh :

Case digunakan saat kita memiliki kondisi yang banyak, dan untuk mempersingkat kode pemograman kita dapat menggunakan Case. Sebenarnya kita dapat mengubah kode percabgan Case ke If. Dan lebih di anjurkan menggunakan If daripada Case.

Sekian artikel tentang Percabangan pada Pascal, Penggunaan If pada Pascal, dan Penggunaan Case pada Pascal. 

5 comments

Wah tambah ilmu lagi nih, jadi tau gimana percabangan pada pascal, makasih min

Sama-sama :) terimakasih sudah berkunjung

wah terimakasih , saya sedang belajar ini juga di sekolah .. ijin copas untuk belajar di rumah .

Sama-sama :) silahkan, terimakasih sudah berkunjung

pelajaran kls 1 smk saya nih gan, nice post

Berkomentarlah dengan kata yang sopan
Dilarang menambahkan link aktif
EmoticonEmoticon